Sabtu, 13 Juni 2015

Catatan Perjalanan ke Ancol

Bismillah...

Namanya juga Blog gado2 berisi catatan saya selaku pelaku penulis blog ini, jadi boleh donk sedikit mengulas tentang perjalanan kami sekeluarga ke Ancol. siapa tau bisa bermanfaat dan jadi referensi bagi yang ingin jalan2 ksana. Untuk yang tinggal di Jakarta mungkin sudah biasa ya ke Ancol, tapi, bagi saya yang notabene tinggal di luar pulau Jawa, pergi ke Ancol perlu perencanaan yang matang, waktu serta estimasi perhitungan biaya yang cukup. Hal itu pun saya lakukan sebelum rencana berangkat ke Jawa dalam rangka menghadiri pernikahan adik ipar. Mumpung akan menginjakkan kaki ke Jakarta walau hanya 1 hari saya rencanakan liburan ke Ancol untuk refreshing dan janji ke Aisyah kalau pintar akan lihat lumba2. 

Sebelum berangkat, saya sudah browsing sana sini untuk cari tahu penginapan yang dekat ancol, murah, tapi nyaman untuk bawa anak kecil. Maklum, Aisyah masih usia 22 bulan jadi sebisa mungkin di perjalanan kenyamanannya di utamakan tapi tetap cari yang ramah kantong, hehe... berhubung hotel2 di dalam lingkungan Ancol harganya lumayan menguras kantong, maka saya putuskan untuk mencari penginapan di sekitar Mangga Dua. jadi, sambil menyelam minum air lah, mau shopping dekat, mau jalan2 ke ancol juga nda terlalu jauh, masih terjangkau dengan angkutan kota. Setelah hunting2 akhirnya saya memutuskan untuk menginap di RUMAH SHINTA. Jl. Mangga Dua Raya No.41, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia
+62 21 6905566 

lobby depan dan resepsionis

lobby depan


dari depan penampakannya seperti ini, sederhana, tapi begitu masuk langsung hilang deh capeknya. yang penting adalah dari lobby aja sudah full AC dan no smoking di seluruh area rumah shinta. jadi Alhamdulillah ga nemuin deh masuk kamar hotel atau penginapan yang bau rokok walau pun kita baru aja masuk kamar itu dan tidak merokok.

Rumah Shinta cukup mudah di akses, naik DAMRI dari bandara ke arah mangga Dua dengan tiket 40 rb per orang lalu jangan lupa bilang ke supir atau keneknya untuk berhenti di Rumah Shinta, udah langsung santai berhentinya pas di depan pintunya. pegawainya ramah2 dan informatif. dari rumah shinta ini jalan kaki ke mangga dua pasar pagi juga hanya 5 menit, jadi yang mau jalan2 sambil shopping tempat ini recommended banget deh.. kekurangnya tempat ini adalah kamarnya yang kecil, minimalis banget... he2.. tapi ya sesuai lah dengan budget harga kamarnya. untuk yg double sekitar 300 rb.


ukuran kamar di rumah shinta

Nah, kebetulan juga ketika saya ke Jakarta adalah hari libur nasional, terbayang mahalnya harga tiket masuk ke Ancol. untuk ini saya juga sudah browsing jauh2 hari sebelum berangkat untuk cari diskon, voucher, potongan harga tiket, atau tiket murah masuk ke ancol. ternyata cukup banyak yang menawarkan. tapi perlu pintar2 juga karena tidak setiap waktu ada diskon. cobalah rajin2 cek di Disdus, Qoo10, groupon atau lakupon untuk cari voucher bisa dapat potongan sampai 50% - 75% tergantung promonya. kebetulan saya mau ajak Aisyah ke Ocean Dream (Gelanggang Samudra) Ancol yang di hari libur kena tiket  135 ribu dan Aisyah sdh kena full tiket. elap keringet juga niy.... karena hasil pencarian kupon di peak season gagal total bingung deh, akhirnya pakai cara manual di kaskus, hehehe... eh kebetulan ada yang jual tiket Ancol murah Mba Rahma namanya, Ricky Idol nama di kaskusnya. Alhamdulillah dapat tiket harga 95 ribu. lumayan juga saya pikir beda 40 ribu berarti banget kan kalau di kalikan 3 tiket. kontaknya bisa sms atau wa ke mba Rahma langsung di 085715271358. karena saya di bontang ongkirnya kesini mahal jd saya minta kirimkan tiketnya ke rumah Shinta dengan pemberitahuan sebelumnya ya ke resepsionisnya.

setelah semua persiapannya matang, sholat dan mandi di penginapan. kami naik angkot ke Ancol, berhenti di pintu barat, beli tiket masuk 25 rb per orang karena kami jalan kaki santai jadi ga perlu bayar masuk kendaraan. nah, ancol kan luas kok kami santai jalan kaki. tenaaang, ada bis yang namanya Wara Wiri dan kerjaannya wara wiri keliling ancol. untuk hari libur nasional memang cukup padat ya bis ini tapi bagi yang berjiwa gratisan macam saya ga apa2 deh, sekali2 dan juga ada suami sebagai my hero yang siap siaga jagain anak istrinya ini, haha... Syukron ya Zauji... ^^

dah, tinggal duduk manis di dalam bus dan diantar ke depan Ocean Dream Ancol. masuk lancar jaya pakai tiket murah dari mb Rahma, Alhamdulillah... langsung ke pertunjukan lumba2 deh, Aisyah sudah ga sabar... oia, sebelumnya jangan lupa lihat jadwal pertunjukannya ya jadi lebih maksimal nontonnya.
yang paling ditunggu tentu aja pertunjukkan lumba2, setelah itu foto cium lumba2 bayar lagi 50 rb sekali foto. dan antriiiiinya lama banget... yah, tapi yang mau buat kenang2an sekali2 boleh lah... puas banget deh jalan2 di ocean dream ini, kalau yang bawa bayi seperti saya disarankan bawa stroller atau kereta bayi lipat ya. atau minimal gendongan yang nyaman karena tempatnya cukup luas. 
pertunjukan lumba2 di ocean dream ancol
 
habis nonton lumba2 dan foto dicium lumba2 mungkin Aisyah kecapekan jadi langsung tidur. Alhasil, kami berdua yang nonton sisa pertunjukan yang lainnya. karena Aisyah asyik tidur di gendongan sampai keringetan, jadi saya memutuskan beli kipas kecil yang saya syukuri banget karena berguna sepanjang perjalan saya. lucu benget kipasnya manual ditekan pakai tangan tidak pakai baterai, hitung2 cinta bumi dan senam tangan deh, hehe..
 
ini penampakan kipas manual

Alhamdulillah, dah.. puaaas banget jalan2 di Ocean Dream, maklum kesempatan seperti ini jarang2 sekali bisa dinikmati orang luar pulau Jawa macam saya. ketika sore menjelang, perut mulai keroncongan tentu saja waktunya kami istirahat dan bersantai sambil makan. sebetulnya banyak yang menjajakan makanan yang murmer di dalam area Ocean Dream ini, ada yg paket sudah lengkap nasi, ayam plus teh kemasan, atau yang sekedar ingin ngemil kentang goreng tersedia disana. tapi.... sebelum berangkat ke Ancol saya sudah merencanakan ingin makan di Restoran TALAGA SAMPIREUN. kalau dibilang harga resto pasti lah lebih mahal, tapi saya ingin cari suasananya, setelah capek jalan2 di Ocean Dream ingin banget melepas lelah disana, suasananya yang banyak saung dengan kolam ikan di tengahnya itu yang buat saya berencana makan disana. apalagi suasana senja duduk2 di tengah kolam ikan sambil menikmati makan malam kayaknya seru banget.

suasana senja di Talaga Sampireun

berhubung saya jalan2 setengah hemat, hehe.. jadi sebelum berangkat pun sudah saya rencanakan mau pesan apa. makan bertiga, 2 dewasa dan 1 bayi kayaknya masih bisa lah tekan2 budget. akhirnya saya pesan nasi putih 2 piring, ayam bakar bumbu rujak, sayur asem dan tahu goreng. awalnya minumannya saya rencanakan beli es teh 2 gelas, tapi kebetulan ada promo saat itu bila bisa menunjukkan tiket masuk ancol gratis jus semangka. wah..... Alhamdulillah.... dasar emak2 suka gratisan dan suka simpan tiket2 dan nota2 tentu saja kesempatan emas ini saya ambil dan budget es teh bisa diganti dengan kelapa muda segar plus jus semangka gratis. he2... jangan lupa beli makanan ikan supaya anak2 senang. Aisyah makan nasi dengan lahap karena sambil kasih makan ikan loh... untuk dapat makan di saung harus reservasi jauh hari, tapi kami sudah sangat senang dapat posisi duduk di tengah2 kolam. seruuu banget. ga nyesel saya merencanakan ini semua jauh2 hari. cuma harus tahan dan tebal muka aja ya karena pesanannya minimalis paling masnya tanya, 'sudah ini saja pesanannya bu?' dengan sedikit mengernyitkan dahi. dengan mantap saya menjawab 'IYA MAS, terimakasih'. hehe.. dan harus tahan2 iler ketika tempat duduk di sebelah kita pesan menu andalan disana yaitu ikan gurame terbang yang cantik di atas piring.

makan sambil memberi makan ikan di tengah2 kolam Talaga Sampireun

oia, sekedar informasi setelah dari Ocean Dream kalau mau ke Talaga Sampireun naik wara wiri lagi turun di Dufan jalan kaki sedikit ke Talaga Sampireun, dan usahakan keluar dari Talaga Sampireun sebelum pukul 7 malam ya untuk kembali ke depan Dufan dan naik Bus Wara Wiri untuk pulang karena Bus Wara Wiri terakhir yang lewat pukul 7.15 malam. 

Alhamdulillah. selesai juga catatan perjalanan saya dan keluarga ke Ocean Dream Ancol. maaf kalau saya banyak membahas soal harga disini. menurut saya dalam perjalanan perencanaan itu sangat penting, dengan kita tetap tawakkal kepada Allah. Justru kalau kita rencanakan sebelumnya kita bisa berhemat tidak hanya biaya loh, tapi kita juga hemat waktu dan tenaga. karena kalau tidak tahu tempat yang akan kita kunjungi maka kemungkinan tersesat atau berjalan lebih jauh karena salah arah, atau tersasar kemungkinannya lebih besar kan.. jadi, saya mengajak lebih bijak dalam alokasi waktu, biaya dan tempat liburan ya teman... Mudah2an tulisan ini bisa bermanfaat..

^^ Berbagi Ilmu, Menebar Manfaat ^^

 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar